Indonesian resources, energy, oil and gas, mineral and coal mining, electricity and renewable energy

Powered by Blogger.

Jambi Menyimpan Cadangan Emas Ekonomis


Peta Provinsi Jambi.
JAKARTA – Jambi ternyata menyimpan potensi geologi menarik. Salah satu provinsi di jazirah Sumatera itu memiliki cadangan emas yang ekonomis untuk ditambang, yang setidaknya tersebar di tiga kabupaten, yakni Muaro Bungo, Sorolangun, dan Merangin.   
Adanya cadangan emas yang ekonomis ini didasarkan pada hasil penyelidikan umum Tim Geologi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, yang saat ini terus melakukan penyisiran di tiga kabupaten tersebut. Penyisiran terkini, dilakukan tim Antam di Kabupaten Muaro Bungo, hingga 29 Mei 2013.
“Antam masih terus menerjunkan tim ahlinya untuk memastikan ada cadangan emas,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di Jakarta,” Rabu, 29 Mei 2013. Selain itu, Antam juga akan menyisir daerah di sekitar lokasi, untuk mencari cadangan yang mungkin memiliki potensi emas lebih besar lagi.
Selain di Muara Bungo, kata Dahlan, Antam juga telah melakukan uji potensi kandungan emas dengan melakukan eksplorasi di Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin dengan total luas lahan yang digarap sebanyak 37.000 hektar. Jika titik potensi kandungan emas ditemukan, Antem menargetkan untuk memulai eksploitasi pada 2014.
Pulau Sumatera memang banyak memiliki daerah dengan potensi cadangan emas yang ekonomis. Salah satunya di wilayah Kontrak Karya Tambang Emas Martabe, di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.
Pada akhir April 2013, Presiden Direktur Tambang Emas Martabe, Peter Albert mengungkapkan, sumberdaya mineral yang terdapat di wilayah Kontrak Karya Martabe saat ini mencapai 8,05 juta ounces (oz) emas dan 77 juta oz perak.
Tim Geologi Tambang Emas Martabe juga akan terus melakukan eksplorasi di Blok Pahae dan Tango Papa, serta Blok Purnama yang berada di dalam wilayah Kontrak Karya tersebut. Peter optimis, sejumlah pemboran di Blok Purnama akan menambah angka sumberdaya emas dan perak Martabe tahun ini.  
0 Komentar untuk "Jambi Menyimpan Cadangan Emas Ekonomis"

Back To Top