Indonesian resources, energy, oil and gas, mineral and coal mining, electricity and renewable energy

Powered by Blogger.

Penelitian Emas Epitermal Di Daerah Musi Rawas, Kabupaten LubukLinggau Propinsi Sumatera Selatan

Diterbitkan pada tahun 2008 oleh Pusat Survei Geologi di Bandung.
Ditulis oleh Yan Elhami

Wilayah Bukit Tambang/Rawas Prospek secara administratif termasuk ke dalam Kotatip Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Pada tahun 1997 hingga 1999 telah dilakukan penambangan oleh PT Barisan Tropikal Mining, dengan menghasilkan emas dan perak dari jumlah cadangan terukur sebanyak 2.570.874 ton dengan kadar emas 0,83 gr/t hingga 3,0 gr/t Au dan perak 14 gr/t hingga 41 gr/t Ag.
Penambahan wilayah prospek dengan ditemukannya perluasan urat berenai kea rah selatan, sehingga nantinya dapat menambah cadangan yang sudah ada. Selain itu wilayah Rawas Prospek akan lebih signifikan apabila temuan baru di Telun Merangin, Landai, Minak Atas dan Manggus Porfiri dapat diketahui secara pasti jumlah cadangannya.
Untuk sementara dari sisa penambangan PT BFM telah diketehia bahwa cadangan tersisa sekitar 11.556.300 ton dengan kadar rata-rata 1,5 gr/t Au dan perak 25 gr/t Ag, dihitung dari hasil bor yang telah dilakukan oleh PT Rio Tinto dan konsultannya. Namun demikian secara keseluruhan wilayah Rawas Prospek merupakan daerah yang mempunyai potensi emas tinggi karena di sana terdapat beberapa lokasi yang menjajikan dan belum digarap secara terinci.
0 Komentar untuk "Penelitian Emas Epitermal Di Daerah Musi Rawas, Kabupaten LubukLinggau Propinsi Sumatera Selatan"

Back To Top