Indonesian resources, energy, oil and gas, mineral and coal mining, electricity and renewable energy

Powered by Blogger.

15 Badan Usaha Siap Pasok Biodiesel

15 Badan Usaha Siap Pasok Biodiesel
Biodiesel
Sebanyak 15 badan usaha bahan bakar nabati (BBN) telah menandatangani perjanjian untuk memasok biodiesel dengan total volume 1,53 juta kilo liter (KL) untuk dukung program mandatori Biodiesel 20% (B20) tahun 2016. BBN sebanyak itu akan dipasok selama periode Mei sampai Oktober 2016.

Perjanjian kerjasama penyediaan biodiesel itu ditandatangani oleh Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, Bayu Krisnamurthi, dan perwakilan masing-masing dari ke-15 badan usaha itu di Jakarta, Selasa pagi (3/5). 

“Penandatangan kerjasama ini merupakan bentuk konsistensi Pemerintah untuk mendukung pembangunan industri sawit yang berkelanjutan sekaligus mendorong peningkatan diversifikasi energi,” ujar Bayu usai menandatangani perjanjian tersebut.

Dia menjelaskan, ke-15 badan usaha itu terikat kontrak dengan BPDP untuk penyaluran biodiesel Mei hingga Oktober 2016 dengan total volume sebesar 1,53 juta KL. Sektor yang mendapatkan pendanaan mencakup sektor jenis BBM Tertentu (PSO) dan pembangkit listrik milik PT PLN (Persero).

"Geliat perkembangan industri biodiesel kembali terlihat pasca pelaksanaan kebijakan pendanaan Biodiesel melalui dukungan Dana Sawit,” paparnya.

Saat ini, kapasitas terpasang Badan Usaha BBN yang aktif berproduksi tercatat sebesar 9,1 juta KL, dan akan ada penambahan pabrik baru sebesar 1,1 juta KL yang dalam proses Perizinan. Volume ini tentunya cukup untuk mendukung pelaksanaan mandatori Biodiesel 30% (B30) yang ditargetkan akan dimulai tahun 2020.

Sementara realisasi penyaluran biodiesel yang di-support oleh Dana Sawit selama periode Januari-April 2016 mencapai 748 ribu KL dengan total kebutuhan dana sebesar Rp 2,7 triliun. Berdasarkan realisasi yang telah berjalan dan alokasi volume hasil penunjukan langsung, maka penyaluran biodiesel tahun 2016 melalui dukungan Dana Sawit diproyeksikan mencapai 2,7 juta KL. (Pris)



Sumber Berita: petrominer.com



0 Komentar untuk "15 Badan Usaha Siap Pasok Biodiesel"

Back To Top